26

25

24

DESAIN INTERIOR adalah Ilmu yang mempelajari perancangan suatu karya seni yang ada di dalam suatu bangunan dan digunakan untuk memecahkan masalah manusia. Bidang keilmuan ini bertujuan untuk dapat menciptakan suatu lingkungan binaan (ruang dalam) beserta elemen-elemen pendukungnya, baik fisik maupun nonfisik, sehingga kualitas kehidupan manusia yang berada didalamnya menjadi lebih baik.

Perancangan interior meliputi bidang arsitektur yang melingkupi bagian dalam suatu bangunan. Contoh : Perancangan interior tetap, bergerak, maupun decoratif yang bersifat sementara

Dalam penataan ruang interior hal-hal yang terkait seperti :
1. Furniture;
2. Cermin;
3. Lukisan;
4. Armatur Lampu;
5. Tanaman Indoor;
6. Partisi;
7. Cat Dekoratif;
8. Wallpaper, dll.

Dan didalam bidang desain interior, hal ini pun memiliki prinsip, yaitu ;
1. Proporsi serta skala, prinsip ini selalu berhubungan dengan bentuk dan ukuran agar terlihat lebih seimbang;
2. Warna, dengan warna akan mempengaruhi psikologis anda yang berada pada ruangan tersebut;
3. Vocal point atau bisa juga disebut dengan daya tarik ruangan misalkan posisi pintu atau jendela;
4. Ritme, merupakan pengulangan semua pola tentang visual, bisa juga didefenisikan sebagai pergerakan terorganisir;
5. Detail, yakni pemilihan sakelar, letak pot bunga, tata cahaya pada suatu ruangan;
6. Keseimbangan,

SUMBER : http://interiordesainadia.blogspot.com

KONSEP DESAIN INTERIOR GAYA RUSTIC mungkin masih terdengar asing, padahal Gaya Desain Interior bergaya rustic sudah banyak digunakan. Desain Interior dengan gaya rustic menekankan pada kekayaan alam, suasana pedesaan, unrefined elements. Gaya rustic bisa digambarkan sebagai perpaduan antara country dan modern style yang harmonis dan tampak nyaman.

Rustic merupakan salah satu istilah yang ada pada furniture. Di dalam dunia desain interior, benda – benda yang sudah tua dan terkesan kasar tersebut tidak selamanya sampah atau tidak berguna sama sekali. Saat ini sedang populer istilah iniyang mengacu pada furniture – furniture yang memiliki permukaan tidak rata dan terkesan belum selesai dikerjakan sepenuhnya. Jika diartikan dalam bahasa Inggris, rustic sendiri berarti tua atau sudah karatan. Namun istilah tersebut tidak diterjemahkan secara harfiah sehingga makna karatan disini adalah segala sesuatu yang terkesan tua, alamiah, serta belum dilakukan proses penyelesaian akhir sehingga furniture akan terlihat seperti belum sempurna.

1

FURNITURE RUSTIC

Secara harfiah, Rustic diartikan sebagai sesuatu yang simpel, tak berseni dan kasar. Gaya ini merupakan perpaduan dari hal-hal baku pada penataan interior. Tidak hanya di rumah bergaya Country, gaya Rustic juga dapat dipadupadankan dengan gaya modern. Dengan sentuhan Rustic di dalam gaya modern, ruangan akan terlihat unik dan lebih berkarakter. Tak hanya itu saja, gaya Rustic juga dapat menunjukkan jati diri dari pemiliknya. Gaya Desain Interior ini banyak digunakan di daerah pedesaan karena inspirasinya memang datang dari alam liar yang masih belum tersentuh tangan manusia.

Anda menyukai gunung? Alam bebas? Hutan? Atau kayu-kayuan? Mungkin gaya desain interior yang satu ini cocok untuk Anda. Elemen kunci dalam menggunakan gaya desain rustic adalah kayu, batu alam, besi tempa, logam, dan bahan alami lain seperti katun, linen, wol, kulit. Desain interior rustic membawa Anda menuju ke alam pedesaan dengan dominasi palet warna coklat. Jika menginginkan tambahan warna cerah, pilih aksesoris ruangan dari palet warna lain untuk meningkatkan mood ruangan.

Rustic Design Interior langsung dapat terlihat dari desain teksturnya yang kasar dan berantakan, dinding batu ekspos, furniture dari bongkahan kayu yang tidak diampelas halus atau lampu gantung berkarat, merupakan ciri gaya Rustic. Di era desain Go Green sekarang ini, gaya Rustic sangat tepat ditambahkan dalam penataan interior karena Anda dapat menggunakan barang-barang bekas seperti ranting, kaleng atau barang kuno yang sudah tidak terpakai menjadi pajangan penghias ruang.

KOMBINASI DESAIN INTERIOR RUSTIC

Untuk menciptakan Konsep Desain ini, memang tak sembarang material dapat ditambahkan, karena apabila tidak tepat ruangan akan terlihat kotor dan tidak rapi. Cara paling mudah yang bisa anda lakukan adalah dengan tidak mengekspos berlebih pada elemen Rustic.

Misalnya, pemakaian kayu yang teksturnya dibiarkan terlihat jelas dan tidak dibuat Glossy. Tampilan kayu tetap tampil alami dan tidak terpengaruh industrialisasi, namun justru di situlah seni Rustic akan muncul. Mengenai nilai seni yang ditampilkan, tidak tergantung dari bentuk yang rumit dan mahalnya material, namun bagaimana mengolahnya.

Beberapa ranting dengan ukuran beragam dapat diikat rapi, dan kemudian dipajang di meja konsol atau Credenza modern. Anda juga dapat memadukan keunikan bata ekspos dan kayu bertekstur dengan material yang halus seperti keramik dan kaca, untuk memperkuat gaya Rustic Design Interior. Untuk ranting berukuran besar dapat Anda kreasikan menjadi Shutter, bingkai, Hanging Rack, dll.

TIPS APLIKASI GAYA RUSTIC

▪ Percantik benda-benda yang sudah ada dengan gaya Rustic;
▪ Pilih sisi ruang yang monoton. Berikan sentuhan bergaya Rustic berupa rangkaian ranting kering yang disusun sedemikian rupa menyesuaikan gaya rumah;
▪ Anda dapat terus berkreasi membuat ornamen Rustic yang bersifat temporer untuk menghindari kebosanan;
▪ Berikan kejutan di dalam ruang dengan menaruh lampu-lampu atau benda-benda tua bertekstur karat;
▪ Berikan detail Rustic yang unik.


SUMBER : http://dekor-minimalis.blogspot.com




RUSTIC MODERN CHALET BRICKELL IN THE RHONE ALPES

1

EKSTERIOR SIANG HARI

Chalet Brickell merupakan suatu kemewahan yang menakjubkan dimana berada di jantung Megève, sebuah komune di wilayah Rhône-Alpes di selatan-timur Perancis. Dikembangkan oleh Pure Concept, sebuah perusahaan desainer-creator dari Swiss khusus dalam properti mewah. Terletak di kaki gunung, dikelilingi oleh alam dan pemandangan pegunungan yang tak terlupakan. Dirancang untuk spesifikasi yang tepat, sampai ke detail terkecil, tempat ini menawarkan ketenangan yang kaya akan bahan alami, kehalusan kombinasi yang elegan, dan ruang luar biasa fungsional. Setiap aksesori memiliki peran untuk bermain: napas warna, cahaya terang, karpet dipesan lebih dahulu, motif unik. Di balik modernitas yang chic ini terletak sebuah kesederhanaan benar-benar otentik.

2

TANGGA PENGHUBUNG

Tangga, seperti jembatan gantung modern, memungkinkan akses ke ruang tamu yang besar. Campuran transparan logam, kaca dan baja elegan melengkapi harmoni hangat dari kayu antik. Galur murni menciptakan kenyamanan yang merupakan kesederhanaan mutlak. Efek keseluruhan adalah salah satu yang netral, sederhana, ramah serta menciptakan sesuatu keteraturan yang sempurna untuk sebuah karya seni.

3

INTERIOR RUANG TAMU

4

5

INTERIOR DAPUR/PANTRY, RUANG TAMU, RUANG MAKAN

6

7

8

9

INTERIOR BAR

10

INTERIOR GUEST ROOM

11

INTERIOR RUANG TIDUR

Kamar tidur Emas. Kayu antik dan sandaran tempat tidur Fortuny terinspirasi mengatur nada di ruangan dengan tirai berlapis berwarna emas. Seperti seprai mewah, selimut bulu besar meliputi tempat tidur, yang dilengkapi dengan lembar dengan sentuhan emas untuk ruang emas.


12

13

14

INTERIOR RUANG TIDUR

Kamar tidur putih. Dinding kulit kayu cocok dengan senderan kepala pada tempat tidur, dalam nuansa kelabu tua yang menonjolkan putihnya seprai dan aksesoris. Bulu menambah sentuhan kehangatan.

12

INTERIOR MASTER BEDROOM

Master bedroom. Sentuhan dan perhatian terhadap detail yang indah membuat ruang ini surga kesejahteraan sejati. Kamar tidur utama terpancar keindahannya dengan keterampilan pengrajin Italia, khusus dalam pembangunan yacht. Dinding terbuat dari kayu ek memenuhi lantai ditutupi dengan karpet tebal, sementara shagreen merupakan bahan kulit frame pintu. Tirai dan kursi menampilkan suatu pojok membaca yang nyaman. Kulit Taupe menghiasi kursi malas dan pintu geser berlapis kulit terbuka ke kamar mandi marmer, di mana dua identik gaya Jepang kamar mandi saling berhadapan.


15

16

INTERIOR TOILET DAN RUANG RIAS

17

INTERIOR KARAOKE AND NIGHT CLUB

Klub malam, serta bioskop rumah dan layar yang besar, telah dipasang dengan standar profesional tertinggi dan memanfaatkan perkembangan teknis yang sangat terbaru. Penari dapat menikmati sistem pencahayaan LED yang dibuat oleh seorang spesialis yang menyediakan solusi pencahayaan untuk diskotik di seluruh dunia. Ruang menempatkan penekanan pada kenyamanan, dengan sofa mewah dan layanan individual.


18

19

KOLAM RENANG DALAM RUANGAN

Kolam renang indoor tampak ke taman dan memanfaatkan cahaya alami sebagai pencahayaan. Untuk melindungi privasi, tirai yang dirancang khusus dapat ditarik di seluruh jendela besar – sedikit seperti Hollywood dari tahun lima puluhan. Bed loungers, bersama dengan lantai kayu jati seperti dek kapal pesiar, memberikan nuansa pelayaran santai.



20

21

22

RUANG BAWAH TANAH

Garasi besar di ruang bawah tanah menghubungkan chalet utama dan guest house. Dari sini, kamar rekreasi dapat diakses. Sebuah karya untuk kolektor mobil atau penggemar, telah dirancang untuk rumah, mobil balap dan juga limusin elegan, dengan fokus pada estetika dan kekakuan. Lantai memiliki «granular» permukaan, poros tengah fitur warna Brickell, sementara dinding menampilkan pembalap tercepat dan paling terkenal, dengan Steve McQueen di posisi teratas.


23

TERAS

Teras jati, dengan latar belakang salju, adalah tempat yang sempurna untuk bersantai di bawah matahari. Putih menetapkan nada dalam-luar dan memberikan kenyamanan hangat ke area relaksasi terbuka. Custom-made kursi untuk berjemur, untuk saat-saat bersantai, mengadopsi dek-kursi terlihat dengan kualitas tinggi rincian bergaya yacht.


24

25

EKSTERIOR MALAM HARI

26

CHALET BRICKELL

Chalets, terletak di dua resor ski terbaik Perancis (Megève dan Courchevel 1850) dilengkapi dengan layanan layaknya istana megah: transfer dengan helikopter, pembantu rumah tangga, koki pribadi, sopir, concierge, pijat dan perawatan kecantikan, dll. Gaya hotel untuk pribadi masing-masing, dengan layanan yang luar biasa.


SUMBER : http://www.onekindesign.com





KESIMPULAN 


Konsep adalah gagasan mulia yang diwujudkan melalui gagasan baru atau dapat juga melalui metode baru. Dengan mengingat kembali pentingnya estetika yang dimunculkan dalam perwujudan disain, maka konsep disain yang unggul adalah konsep yang bermuatan estetika. Pertimbangan lain (selain estetika) digunakan sebagai pendukung konsep yang telah dimiliki. Dengan mengingat pentingnya dan berlimpahnya metode disain, maka estetika disain yang termuat di dalam konsep disain harus mempunyai metode disain yang tepat dalam menwujudkan disainnya.


Dimana pada pembahasan diatas, dikatakan bahwa konsep yang sedang marak digandrungi saat ini adalah Konsep Rustic Modern yang mana konsep ini sangat mengedepankan suatu kesan alam pada desain interior suatu bangunan. Contohnya dapat dilihat pada Chalet Brickell, dimana interiornya sangat kental dengan kesan alam yang dimoderenisasikan. Terlihat pada penggunaan sebagian besar furniturenya yang berbahan kayu, seperti kursi, meja, tempat tidur, meja rias, dll. Konsep ini membawa kita kembali pada jaman dahulu dimana sebagian besar interior berbahan dasar alami.
Selain memberikan kesan alami, desain ini juga membawa kita pada kesan mewah namun masih dalam lingkup sederhana. Kenyamanan dan jati diri sangat diutamakan pada seluruh bagian yang diberi sentuhan Rustic.





Oleh : Gusti Ayu Ratih Damayanthi (1104205005)